RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : Ponpes Al- Ikhlas Ujung Bone
Kelas/semester            : VIII (Delapan) / 1
Tema                           : Narrating Past Event.
Standar Kompetensi   : 1. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi dasar       : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount.
Indikator                     : 1.1.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog narrative dan recount.
Aspek/Skill                 : Membaca
Alokasi waktu            : 1 x 40 menit
1.      Tujuan pembelajaran
·         Siswa dapat merespon makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana.
v Karakter siswa yang diharapkan :
a.    Dapat dipercaya (Trustworthines)
b.    Rasa hormat dan perhatian (respect)
c.    Percaya diri (self-confidence)

2.      Materi Pembelajaran
a.       Narrative text is a text telling a story focusing specific participants. Its social function is to tell stories or past events and entertain the readers. to tell story to amuse, entertain, teach a lesson or moral, explain something or make a comment
1.      Generic structure:
·      Orientation : It is about the opening paragraph where the characters of the story are introduced. (berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana) 
·      Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai terjadi dan berkembang)
·      Resolution : Where the problems in the story is solved. Masalah selesai, --- secara baik "happy ending" ataupun buruk "bad ending".
b.      Recount text is is a text which retells events or experiences in the past. Its purpose is either to inform or to entertain the audience.
1.      Generic structure:
·      Orientation : Introducing the participants, place and time. (Menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
·      Events: Describing series of event that happened in the past. (Menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
·      Reorientation: It is optional. Stating personal comment of the writer to the story. ("Reorientation" berisi komentar pribadi penulis cerita dan penutup cerita / akhir cerita)
3.      Metode Pembelajaran
a.       Three Phase Technique
b.      Flash card game
4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·            Salam, berdoa dan absensi
·            Tanya-jawab mengenai cerita favorit siswa
·           Memberikan game elicit berupa missing letter dengan mengaitkan pengetahuan sebelumnya dan materi yang akan dipelajari.         
Motivasi :
·           Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari
b.    Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·           Memberikan stimulus yaitu pemberian materi teks tindak tutur berupa narrative dan recount text.
·           Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama mengkomunikasikan materi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
·           Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (3 groups)
·           Masing-masing kelompok di handle oleh seorang storyteller yang secara bergantian akan membacakan sebuah cerita.
·           Siswa mengidentifikasi informasi dari berbagai cerita.
·           Guru mengontrol keaktifan siswa.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi;
·           Setiap kelompok menjawab pertanyaan yang terdapat dalam teks monolog sederhana.
·      Guru memberikan umpan balik, dan penguatan.
c.    Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·           Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami narrative dan recount text.
·           Bertanya jawab dengan siswa untuk meluruskan kesalahpahaman, dan memberikan penyimpulan.
·           Memberikan stimulus berupa flash card agar siswa termotivasi dalam belajar.
·           Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah.
5.      Sumber Belajar
a.       Cerita-cerita yang relevan
b.      LKS Wajar untuk Kelas VIII SMP
6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tekhnik Penilaian
Bentuk Instrumen
 Instrumen/Soal
1.         Memahami isi teks narrative dan recount.
Tes tertulis
Uraian
1.    Answer the following question based on the information from the text.
a.       Instrumen :
Daftar petunjuk;
Group Work (7-8 Students)
1.      Read the story loudly!
2.      Pay attention on the reading that your friends told you!
3.      Answer the question based on the appropriated story!
b.    Pedoman Penilaian
- Jumlah skor maksimal keseluruhan 100.
c.       Rubrik penilaian
Element
Score
Comprehension
Pronounciation
Expression
Cooperation
25
25
25
25
Standard of each element
Element
Score
Excellent
Very good
Poor
21-25
16-20
5

       Watampone, 4 November  2013