RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Ponpes
Al- Ikhlas Ujung Bone
Kelas/semester : VIII (Delapan)
/ 1
Tema :
Narrating Past Event.
Standar
Kompetensi : 1. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
Kompetensi
dasar : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk narrative dan recount.
Indikator : 1.1.1 Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog narrative dan
recount.
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi
waktu : 1 x 40 menit
1.
Tujuan
pembelajaran
·
Siswa dapat merespon
makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana.
v Karakter siswa yang
diharapkan :
a. Dapat
dipercaya (Trustworthines)
b. Rasa
hormat dan perhatian (respect)
c. Percaya
diri (self-confidence)
2.
Materi
Pembelajaran
a.
Narrative text is a text telling a story focusing specific participants. Its
social function is to tell stories or past events and entertain the readers.
to tell story to amuse, entertain, teach a lesson or moral, explain something
or make a comment
1. Generic
structure:
· Orientation :
It is about the opening paragraph where the characters of the
story are introduced. (berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita
(siapa atau apa, kapan dan dimana)
· Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai
terjadi dan berkembang)
· Resolution :
Where the problems in the story is solved. Masalah selesai, --- secara baik
"happy ending" ataupun buruk "bad ending".
b.
Recount text is is a text which retells events or
experiences in the past. Its purpose is either to inform or to entertain the audience.
1. Generic
structure:
· Orientation :
Introducing the participants, place and time. (Menceritakan siapa
saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa
terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
· Events: Describing series of event
that happened in the past. (Menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan
menceritakan urutan ceritanya)
· Reorientation: It is optional.
Stating personal comment of the writer to the story. ("Reorientation"
berisi komentar pribadi penulis cerita dan penutup cerita / akhir cerita)
3.
Metode
Pembelajaran
a. Three Phase Technique
b. Flash card game
4.
Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Salam, berdoa dan absensi
·
Tanya-jawab mengenai cerita favorit siswa
·
Memberikan game elicit berupa missing letter dengan mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dan
materi yang akan
dipelajari.
Motivasi
:
·
Menjelaskan pentingnya
materi yang akan dipelajari
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·
Memberikan stimulus yaitu pemberian materi teks
tindak tutur berupa narrative dan recount
text.
·
Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bekerja sama mengkomunikasikan materi.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,:
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (3
groups)
·
Masing-masing kelompok di handle oleh seorang storyteller
yang secara bergantian akan membacakan sebuah cerita.
·
Siswa mengidentifikasi informasi dari berbagai
cerita.
·
Guru mengontrol keaktifan siswa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi;
·
Setiap kelompok
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam teks monolog sederhana.
· Guru memberikan umpan balik,
dan penguatan.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·
Menanyakan
kesulitan siswa dalam memahami narrative
dan recount text.
·
Bertanya jawab dengan
siswa untuk meluruskan kesalahpahaman, dan memberikan
penyimpulan.
·
Memberikan stimulus
berupa flash card agar siswa
termotivasi dalam belajar.
·
Guru menutup pelajaran
dengan mengucapkan hamdalah.
5.
Sumber
Belajar
a. Cerita-cerita yang relevan
b. LKS Wajar untuk Kelas
VIII SMP
6.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tekhnik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
1.
Memahami isi
teks narrative dan recount.
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
1.
Answer the following question based on the
information from the text.
|
a. Instrumen
:
Daftar petunjuk;
Group Work (7-8 Students)
1.
Read the story loudly!
2.
Pay attention on the reading that your friends told
you!
3.
Answer the question based on the appropriated story!
b. Pedoman
Penilaian
- Jumlah skor maksimal keseluruhan 100.
c. Rubrik
penilaian
Element
|
Score
|
Comprehension
Pronounciation
Expression
Cooperation
|
25
25
25
25
|
Standard of each element
Element
|
Score
|
Excellent
Very good
Poor
|
21-25
16-20
≤ 5
|
Watampone,
4 November 2013